Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Kristen dan Budi Pekerti
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
(SMA)
Kelas/Semester : XII/1
Materi
Pokok : MULTIKULTURALISME
Pertemuan
Ke : 1
Alokasi
Waktu : 3x45 Menit
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu menjelaskan arti Multikulturalisme
2.
Peserta didik mampu menjelaskan Sejarah Multikulturalisme di Indonesia
3.
Peserta didik mampu menyebutkan 5 Jenis-jenis Multikulturalisme
4.
Peserta didik mampu menyebutkan 2 Fungsi Multikulturalisme
5.
Peserta didik mampu menyebutkan 4 Faktor Penghambat Multikulturalisme
B.
Kompetensi Dasar
KD
dari KI3 dan KD dari KI4
C.
Indikator
1.
Menjelaskan arti Multikulturalisme
2.
Menjelaskan Sejarah Multikulturalisme Di Indonesia
3.
Menyebutkan 5 Jenis-jenis Multikulturalisme
4.
Menyebutkan 2 Fungsi Multikulturalisme
5.
Menyebutkan 4 Faktor Penghambat Multikulturalisme
D.
Materi Pembelajaran
1.
Arti Multikulturalisme
2.
Sejarah Multikulturalisme Di Indonesia
3.
5 Jenis-jenis Multikulturalisme
4.
2 Fungsi Multikulturalisme
5.
4 Faktor Penghambat Multikulturalisme
E.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi
F.
Media/Alat/Bahan
·
Buku
·
White Board
·
Gambar/Video
·
LCD
G.
Sumber Belajar
·
Internet
·
Buku PAK dan Budi Pekerti Kelas XII,
Kemendikbud, 2009
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan:
·
Guru memulai dengan Doa
·
Guru menyampaikan salam dan perkenalan
singkat
·
Guru menyampaikan KD/Indikator/Tujuan
dan Materi Pokok “MULTIKULTURALISME”
b.
Kegiatan Inti:
·
Stimulation (memberi Stimulus)
Menayangkan
Video/Gambar-gambar Multikulturalisme
·
Problem Statement (mengidentifikasi
Masalah)
Peserta
didik menjelaskan sementara arti dari Multikulturalisme
·
Data Collecting (mengumpulkan Data)
Mengumpulkan
Informasi dari buku, internet, dan berbagai sumber lainnya untuk Menjelaskan
arti Multikulturalisme, Menjelaskan Sejarah Multikulturalisme Di Indonesia, Menyebutkan
5 Jenis-jenis Multikulturalisme, Menyebutkan 2 Fungsi Multikulturalisme dan Menyebutkan
4 Faktor Penghambat Multikulturalisme.
·
Data Processing (mengolah Data)
Guru
memeriksa tugas masing-masing Peserta didik yang telah menemukan jawaban
tentang arti Multikulturalisme, Sejarah Multikulturalisme Di Indonesia, 5 Jenis-jenis Multikulturalisme, 2 Fungsi Multikulturalisme dan
4 Faktor Penghambat Multikulturalisme
·
Verification (memverifikasi)
Peserta
didik boleh menyalin pekerjaan teman yang sudah benar atau Guru melengkapi jawaban yang di anggap kurang tepat.
·
Generalization (menyimpulkan)
Peserta
didik sudah menyalin jawaban yang sudah benar sesuai tujuan pembelajaran dan
dilanjutkan ke penilaian.
c.
Kegiatan Penutup:
·
Menjelaskan hasil rumusan secara bersama
dan mengapresiasi hasil kerja Peserta didik
·
Penugasan pembuatan karya sebagai bukti
kedewasaan aspek tertentu (spiritual/intelektual/sosial/moral) yang berkaitan
dengan kecakapan hidup antara lain:
1.
Berteman baik terhadap terhadap orang yang berbeda suku
2.
Menghargai dan menghormati teman yang berbeda budaya dan agama
3.
Kunjungan ke Museum Nasional Indonesia.
·
Penugasan Proyek : Membuat Makalah yang
berjudul “Multikulturalisme”
·
Mengucap syukur dan doa penutup.
I.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap Sosial.
b.
Penilaian Kognitif:
ü Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
ü Bentuk
: PG dan Essay
ü Instrumen
Lengkap : (dalam lampiran)
c. Penilaian Keterampilan
Jakarta
Timur, 2 Oktober 2017
Kepala Sekolah
Guru Agama Kristen
( Drs. Sukoco,
MT.h)
(P. Antoni Sirait)
Lampiran-lampiran
1.
Materi Pembelajaran Pertemuan 1
·
Arti Multikulturalisme
·
Sejarah Multikulturalisme Di Indonesia
·
5 Jenis-jenis Multikulturalisme
·
2 Fungsi Multikulturalisme
·
4 Faktor Penghambat Multikulturalisme
2.
Instrumen Penilaian Pengetahuan (Pertemuan 1)
A.
Soal Pilihan Ganda
1.
Dibawah ini yang termasuk Sikap seseorang yang membuka diri untuk menjalani
kehidupan bersama adalah …
A. tidak berteman kepada orang kulit hitam.
B. menolak budaya lain yang masuk ke lingkungan tempat tinggalnya.
C. hanya berteman kepada orang-orang yang menghormati budayanya.
D. membanggakan Suku dan kebudayaannya sendiri.
E. berteman kepada semua orang tanpa memandang perbedaan budaya dan paham yang di
anut orang lain.
2. Masyarakat Indonesia
disebut etnik pluralistik, karena merupakan masyarakat yang …
A. persatuan suku-suku bangsanya kuat
B. agama dan kepercayaan bervariasi
C. terdiri atas berbagai ras
D. beraneka ragam adat istiadat
E. terdiri atas beraneka ragam suku bangsa.
A. persatuan suku-suku bangsanya kuat
B. agama dan kepercayaan bervariasi
C. terdiri atas berbagai ras
D. beraneka ragam adat istiadat
E. terdiri atas beraneka ragam suku bangsa.
3. Tanggung jawab
individu dalam kehidupan beragama pada masyarakat multukultural adalah …
A. kebebasan memilih agama yang diyakini
B. memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat
C. berdoa menurut keyakinannya
D. merayakan hari besar agama masing-masing
E. saling menghormati sesama umat beragama
A. kebebasan memilih agama yang diyakini
B. memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat
C. berdoa menurut keyakinannya
D. merayakan hari besar agama masing-masing
E. saling menghormati sesama umat beragama
4.
Yang Termasuk Acuan Utama untuk mewujudkan masyarakat Indonsesia yang
Multikulturalisme adalah …
A. sara
B. uud 1945
C. lagu nasional
D. proklamasi bangsa
E. ideologi bangsa
5.
Yang termasuk Jenis-jenis Multikulturalisme dibawah ini adalah …
A. filosofis
B. otonomis
C. pedagogis
D. fundametalis
E. aerodinamis.
B.
Soal Essay
1.
Jelaskan arti Multikulturalisme!
2.
Jelaskan Sejarah Multikulturalisme di Indonesia!
3.
Sebutkan 5 Jenis-jenis Multikulturalisme!
4.
Sebutkan 2 Fungsi Multikulturalisme!
5.
Sebutkan 4 Faktor Penghambat Multikulturalisme!
Komentar
Posting Komentar